Men

Menentukan Sabun Muka Sesuai Tipe Kulit


Jangan keliru, pria juga perlu memperhatikan kesehatan wajahnya. Memang stereotype-nya, pria lebih cenderung tidak peduli akan perawatan wajah. Meski begitu, wajah yang bersih dan terawat pastinya akan membuat penampilan kamu semakin oke.

Dibandingkan wanita, pria memiliki kulit yang lebih tebal sehingga kurang sensitif terhadap kandungan pada pelembap ataupun pembersih wajah. Tapi bukan berarti kamu boleh sembarangan membersihkan wajah. Sesuaikan sabun cuci muka dengan jenis kulitmu!

tips memilih sabun muka pria

1. Untuk Wajah Kering

Biasanya, pria nggak mau repot dalam membersihkan wajah sehingga beralih ke sabun batangan biasa untuk cuci muka. Padahal sabun batangan bisa bikin kulit lebih kering lho. Coba pembersih wajah yang mengandung  pelembap dengan kandungan gliserin, vitamin E dan minyak jojoba sebagai solusi.

SK-II, Rp 692.000

2. Untuk Wajah Berminyak

Sementara untuk kamu yang memiliki kulit berminyak, kamu bisa menggunakan sabun yang mengandung asam glikolat, asam salisilat, atau benzoil peroksida. Selain memiliki kandungan antibakteri, ketiga bahan ini membantu meluruhkan sel kulit mati sehingga dapat membersihkan pori-pori lebih dalam.

Kiehl's Facial Fuel
Kiehl’s, IDR 395,000

3. Untuk Wajah Berjerawat

Bersihkanlah wajah kamu setiap hari dengan pembersih wajah anti jerawat untuk membunuh sel-sel jerawat dan menekan peradangan kulit. Hindari sabun muka dengan bahan yang keras yang dapat memperburuk peradangan. Pilih produk untuk menghilangkan jerawat yang biasanya bertuliskan acne care atau mengandung asam salisilat.

Kiehl's Blue Herbal Cleanser
Kiehl’s, Rp 420,000

4. Untuk Kulit Sensitif

Pemilik kulit sensitif harus lebih berhati-hati ketika memilih produk pembersih wajah. Ini karena pembersih wajah biasanya mengandung bahan surfaktan, pengawet, dan parfum. Bahan tersebut dapat menyebabkan iritasi dan peradangan pada kulit. Saat mencuci wajah, hindari menggosok dengan kasar dan pilih sabun bertekstur lembut agar kulit tidak lecet.

Sabun muka pria Kiehl's Oil Eliminator
Kiehl’s, Rp 390.000

Selain itu, usahakan memilih produk perawatan wajah yang tidak mengandung deterjen atau sodium lauryl sulfate (SLS). Bahan ini dapat menghasilkan busa, namun mengakibatkan kulit kering. Utamakan untuk memakai pembersih wajah yang mengandung minyak kedelai atau petrolatum, gliserin, dan ceramide untuk memelihara kelembapan kulit wajah.

BACA JUGA : 

Cara Praktis Buat Pria Mencegah Penuaan Dini

5 Alasan Kenapa Pria Harus Pakai Sunscreen untuk Wajah

Rawat Kulit Dengan 5 Skincare Dasar yang Praktis Untuk Pria

Diskon Planetsports

 

Popular Post