Men

5 Trik Jitu Tetap Produktif Saat Puasa


Menjalani ibadah puasa selama kurang lebih 13 jam dalam sehari, kadang membuat kita jadi mudah lelah. Rasa lelah itu nggak jarang membuat kita menunda pekerjaan bahkan malas-malasan. Bekerja tanpa makan dan minum memang berat guys, tapi bukan berarti kita boleh menyerah. Ada banyak hal yang bisa kita lakukan agar tetap produktif saat puasa. Cek caranya berikut.

1. Bikin to do list

Produktif saat puasa

Puasa atau nggak, to do list selalu bisa jadi penolong saat bekerja. Dengan membuat daftar pekerjaan selama sehari kita jadi punya gambaran dan target yang harus kita kerjakan. Dahulukan pekerjaan yang lebih berat dan lebih penting saat energi kita masih penuh di pagi hari.

2. Hindari begadang

Produktif saat puasa

Jangan sia-siakan jam tidur buat begadang. Dengan tidur yang cukup, kita akan bangun pagi buat sahur dalam kondisi fresh. Sementara ini, kendalikan keinginan buat lembur, nonton acara bola atau marathon movie.

3. Minum banyak air putih saat sahur

Produktif saat puasa

Penuhi kebutuhan cairan tubuh agar tetap fit saat puasa dengan minum air putih yang banyak. Sahur adalah waktu yang tepat buat kita mempersiapkan badan agar bisa kuat menjalani puasa seharian.

4. Disiplin dan fokus kerja

Produktif saat puasa

Salah satu bentuk disiplin adalah tidak menunda pekerjaan. Selesaikan pekerjaan sesuai timeline biar produktifitas kerja tetap terjaga. Jangan bebani pikiran kita dengan pekerja yang tertunda karena bisa membuat puasa jadi terasa lebih berat.

5. Manfaatkan waktu istirahat buat tidur siang

Produktif saat puasa

Biasanya saat bulan puasa, kantor memberi kita waktu istirahat lebih pendek dari biasanya. Manfaatkan waktu itu untuk tidur siang. Cari tempat-tempat yang memungkinkan buat tidur sejenak atau duduk rileks mengistirahatkan tubuh dan pikiran sejenak.

 

Photo source: shutterstock

Popular Post