Love & Life

Rekomendasi Tempat Tinggal Sementara di Korea


Bagi para pendatang dari dalam maupun luar negeri ataupun para perantau, tempat tinggal merupakan sesuatu kebutuhan pokok yang perlu dicari terlebih dahulu. Nah, aku akan membagikan info bagaimana cara mencari tempat tinggal di Korea, maupun jenis dan perkiraan harganya.

Di Korea sendiri tempat tinggal terdiri dari Losmen (고시원), Indekost (하숙집), Kost (원롬/투롬), Officetel (오피스텔), dan Apartment (아파트) . Urutannya sesuai kelas dan harga sewa. Penyewaan tempat tinggal di Korea mempunyai minimal masa penyewaan dan membutuhkan deposito dalam masa tinggal. Perbedaan antara di Indonesia maupun di Korea adalah dari cara penyewaan, fasilitas, dan memiliki kebijakan masing-maisng.

1. Losmen (고시원)

Losmen ini biasanya disebut dengan Gosiwon yang mempunyai ukuran kamar cukup kecil dan biasanya dihuni oleh para perantau yang memilih tinggal dengan pengeluaran rendah atau orang-orang yang sedang mempersiapkan ujian. Mungkin kamu bingung kenapa orang-orang yang mempersiapkan ujian tinggalnya di Gosiwon? Alasannya karena tinggal di Gosiwon sangatlah hening dan sunyi karena dilarang membawa tamu ke dalam gedung Gosiwon apalagi ke dalam kamar.

Harga sewa Gosiwon berkisar antara 150,000-250,000 Won/bulan. Deposito yang harus dipegang pihak pemilik berkisar 0 sampai sekali harga sewa. Biasanya harga listrik dan air sudah termasuk di dalam harga sewa. Oh iya, terkadang Gosiwon tidak termasuk biaya wifi. Kamar mandi dan dapur semuanya digunakan secara umum.

2. Indekost (하숙집)

Selain di Indonesia, indekost sering ditemukan di luar negeri seperti Amerika Serikat dan negara barat lainnya. Di Korea Selatan sendiri, indekost juga ada lho dengan harga sewa yang ekonomi dan tanpa deposit. Tempat tinggal jenis ini juga merupakan cara mudah bagi pendatang untuk bisa tinggal.

Kelebihan indekost adalah biasanya pemilik rumah menyediakan sarapan pagi untuk para penyewa. Kekurangan menyewa indekost yaitu selain harga sewa, kita juga diharuskan untuk membayar uang management, air, beserta listrik.

Diskon promo Korea

3. Kost (원롬/투롬)

Bahasa modern yang dipakai untuk menyebut kost-kostan di Korea Selatan adalah one room/two room. Ini juga merupakan pilihan yang paling banyak dipilih oleh para pihak pendatang maupun perantau. Seperti istilahnya, one room adalah kost yang hanya mempunyai satu ruangan yang biasanya hanya dihuni oleh satu penghuni. Two room adalah kost yang mempunyai 2 kamar dan 1 dining room yang biasanya dihuni oleh 2-3 orang. Harga sewa one room/two room tentu berbeda. Begitu juga dengan depositnya.

Aku akan mengambil one room sebagai contoh, yaitu harga sewa biasanya berkisar 200,000-450,000 Won/bulan dengan deposito 1 juta – 5 juta Won. Harga deposit semakin tinggi maka harga sewa bulanannya makin rendah. Selain itu, biaya management (±80,000-120,000/bulan) dan air berserta listrik (tergantung pemakaian) tidak termasuk dalam harga sewa. Maka total di luar biaya sewa kita juga harus membebani biaya lain 100,000-180,000won/bulan. Fasilitas one room/ two room biasanya lebih lengkap dibandingkan Gosiwon dan indekost. Di dalamnya juga ada dapur kecil sehingga bagi yang senang memasak bisa menyiapkan makanannya sendiri.

4. Officetel (오피스텔)

Standard officetel dan one room/two room tidaklah jauh berbeda. Kelebihan di officetel adalah keamanannya. Keamanaannya jauh terkontrol dibandingkan di one room/ two room. Bagi para pendatang atau perantau wanita, sangat disarankan untuk memilih officetel karena banyak di daerah Seoul dan sekitarnya.

tempat tinggal sementara di Korea

Di Officetel juga kamu bisa menghemat anggaran makan karena di sini tersedia dapur. Walau lebih seperti dapur bersih, kamu bisa memasaka makanan yang praktis lho.

tempat tinggal sementara di Korea

Ruangannya pun cukup luas dan bisa kamu tata sedekimian rupa agar tetap rapi dan minimalis.

tempat tinggal sementara di Korea

Beberapa furniture pun sudah disediakan di officetel. Jadi kamu tinggal bawa barang-barang pindahan kamu saja deh tanpa harus ribet membeli banyak perabotan.

Sekarang, bagaimana cari tahu untuk tempat tinggal ini? Tentu jika ada kenalan di kota atau negara rantauan yang kamu kunjungi, akan sangat mudah untuk menyelesaikan masalah tempat tinggal. Namun, bagaimana dengan mereka yang sama sekali asing dan buta dengan kondisi yang didatanginya?

Nah, disini sangatlah gampang untuk mencari informasi-informasi Gosiwon, one room, dan lain-lain. Karena di Korea Selatan ini dimana-mana kamu bisa menemukan yang namanya 부동산 yaitu properti. Jadi cukup berkunjung kesana dan dengar saran dan penjelasan dari mereka. Terkadang kita juga dibawa langsung untuk visit ke tujuannya langsung. Akan tetapi, yang namanya properti juga merupakan bisnis, maka pihak penyewa akan dikenakan biaya properti sekitar 10% dari harga sewa perbulan.

Ada juga cara lain dengan mendownload aplikasi disana kita bisa melihat gambar ruangan dan harga sewa serta besar deposito. Akan tetapi kekurangan dengan menggunakan aplikasi adalah kita akan dikenakan dua kali biaya properti.

Bagaimana dengan sekilas informasi tempat tinggal di Korea Selatan? Bagi kamu yang sedang mencari tempat tinggal, semoga bisa jadi bahan referensi ya.

BACA JUGA : 

Mengintip 5 Museum Unik di Korea Selatan

Ayo Mengenal Keunikan Kafetaria di Korea

Menikmati Sore di Cafe Mignon Hapjung Station, Korea

Popular Post