Love & Life

Nostalgia Lomba 17 Agustus


Menjelang Hari Raya Kemerdekaan Indonesia, beragam persiapan perayaan mulai banyak menghiasi jalan-jalan. Salah satunya adalah persiapan lomba. Waktu masih kecil, lomba ini kita sambut dengan sangat antusias. Sayang, seiring beranjak dewasa, kita lebih fokus dengan hal lain seperti studi, karier, traveling, sehingga lomba-lomba 17 Agustusan kerap kita abaikan.

Nah, tahun ini nggak ada salahnya kita rayakan kembali hari kemerdekaan dengan lomba-lomba. Mulai dari makan kerupuk, sendok dan kelereng, hingga balap karung. Permainan-permainan seru ini ternyata juga punya sejarah tersendiri. Yuk, kita simak.

Lomba 17 Agustus 2017

 

Ketika bangsa kita dijajah, ketersediaan makanan sangatlah minim sehingga tak sedikit yang kelaparan. Minimnya pangan tersebut membuat rakyat harus puas dengan nasi dan kerupuk saja. Sejarah inilah yang akhirnya membuat makan kerupuk dijadikan lomba saat hari kemerdekaan. Lomba ini juga mengharuskan para peserta untuk tidak menggunakan tangan, seakan sebagai simbol betapa sulitnya mendapat sebuah makanan pada masa lalu. Wow.

Lomba 17 Agustus 2017

Balap karung digunakan sebagai peringatan kesulitan ekonomi masyarakat Indonesia ketika zaman penjajahan. Tak sedikit orang Indonesia yang menjadikan karung sebagai penutup badan karena tidak mampu membeli pakaian layak kala itu. Akan tetapi, beberapa sumber lain mengatakan kalau lomba balap karung sebenarnya dibawa langsung oleh Belanda. Lomba ini tetap dipertahankan sebagai tradisi meski Belanda sudah diusir dari Indonesia.

Lomba 17 Agustus 2017

Lomba jalan kelereng dengan menggunakan sendok tidak kalah populer. Tidak ada sejarah detail mengenai asal usul lomba kereleng ini, namun bisa jadi ini adalah lambang perjuangan keras masyarakat mempertahankan keutuhan negara pada zaman penjajahan sampai titik darah penghabisan. Tak heran, para peserta lomba ini harus mempertahankan kelereng mereka di atas sendok hingga garis finish.

Ketiga lomba di atas sangat sederhana. Kamu tidak butuh banyak barang untuk melakukannya. Yuk nostalgia lomba-lomba ini bersama para teman di kantor atau teman mainmu. Pasti seru!

Popular Post