Love & Life

Inilah Tradisi-tradisi 17 Agustus yang Paling Ngangenin


Demi merayakan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, masyarakat biasanya melakukan berbagai tradisi tahunan di lingkungan tempat tinggalnya masing-masing. Biasanya, euforia 17-an sudah mulai terasa ketika memasuki awal bulan Agustus.

Para warga akan memasang bendera merah putih di halaman rumahnya, menghias lingkungan rumahnya dengan nuansa kemerdekaan. Untuk memeriahkan kegembiraan hari 17 Agustus, kita ingat-ingat lagi yuk, tradisi apa saja sih yang biasanya dilakukan dan tentunya ngangenin banget buat diikutin?

1. Menghias Gapura

Tradisi 17 Agustus

Saat menyambut perayaan kemerdekaan, para warga biasanya sibuk mengecat dan menghias gapura yang ada di tiap gang atau komplek di kampung-kampung. Tradisi 17 Agustus di Indonesia ini bahkan dilakukan di seluruh penjuru tanah air.

Biasanya gapura dihias agar tampak sangat indah dan meriah dengan memasang umbul-umbul, bendera, serta hiasan dan ornamen yang dipasang dipohon-pohon rumah warga. Di beberapa tempat, tradisi ini juga dijadikan sebuah lomba antar desa atau kampung untuk menunjukkan betapa kreatif dan antusiasnya warga.

2. Upacara Bendera

Tradisi 17 Agustus

Upacara bendera adalah salah satu moment terpenting dalam perayaan 17 Agustus. Instansi pemerintahan dan sekolah-sekolah tetap masuk di tanggal 17 Agustus untuk melaksanakan upacara bendera walaupun termasuk tanggal merah.

Upacara bendera dilakukan untuk mengenang jasa dan perjuangan para pahlawan serta meningkatkan rasa nasionalisme dan patriotisme.

BACA JUGA : 

Nostalgia Lomba Hari Kemerdekaan 17 Agustusan

Deretan Fashion Look Merah Putih Di Bulan Agustus

Inspirasi Outfit Merah Putih Buat Pria

Semarak Harga Merdeka iLOTTE

3. Lomba-lomba Perayaan Kemerdekaan

Tradisi 17 Agustus

Inilah tradisi 17 Agustus di Indonesia yang paling ngangenin dan dinantikan oleh warga masyarakat terutama anak-anak usia sekolah. Ada berbagai lomba-lomba yang meramaikan serta menyemarakan peringatan HUT Kemerdekaan RI ini diadakan bahkan sejak awal bulan Agustus.

Warga biasanya berbondong-bondong mengikuti perlombaan yang diadakan di lingkungan tempat tinggalnya masing-masing yang menyediakan banyak hadiah. Diantaranya seperti lomba balap karung, lomba makan kerupuk, tarik tambang, bakiak, kelereng sendok, perang bantal, dan panjat pinang.

Tradisi 17 Agustus - Hari Merdeka

4. Carnaval 17 Agustus

Carnaval kemerdekaan

Salah satu highlight acara perayaan 17 Agustus adalah adanya carnaval 17-an. Di carnaval ini biasanya ditampilkan berbagai atraksi seperti tarian, pesta kostum, kesenian.

Popular Post