Love & Life

Ikuti Langkah Sederhana Mencegah Tekanan Darah Tinggi


Sebagai salah satu silent killer, darah tinggi tercatat menduduki peringkat teratas penyakit yang banyak diderita masyarakat Indonesia. Darah tinggi atau hipertensi sangat berbahaya karena dapat memicu penyakit berat lainnya seperti jantung, stroke, sampai gagal ginjal. Makanya sejak muda, kita harus mulai peduli dengan tekanan darah sendiri sebelum terlambat. Kalau tekanan darah sudah terlalu tinggi akan sangat sulit dicegah lho. Ikuti beberapa langkah sederhana mencegah tekanan darah tinggi berikut.

1. Tertawa

Ternyata saat tertawa pembuluh darah kita akan melebar dan aliran pada pembuluh darah semakin lancar. Paling tidak, dalam sehari kita bisa tertawa 15 menit. Carilah cara untuk bisa tertawa dengan menonton film ataupun bercanda dengan sahabat.

2. Mendengarkan musik

Selain tertawa, aktivitas menyenangkan lainnya untuk mencegah tekanan darah tinggi adalah mendengarkan musik. Musik dengan beat yang stabil terbukti dapat menghilangkan cemas dan menghindari penyempitan pembuluh darah.

3. Berhenti merokok

Aktivitas merokok ternyata bisa menyebabkan lonjakan secara langsung dalam tekanan darah. Fyi, kandungan nikotin dalam tembakau bisa memacu sistem saraf melepaskan zat kimia yang berpotensi pada penyempitan pembuluh darah.

4. Cukup tidur

Kurangnya jam tidur di malam hari menyebabkan besarnya potensi mengalami darah tinggi. Ini karena sistem saraf berada pada keadaan yang hiperaktif saat kita kurang tidur sehingga menyebabkan tekanan darah meningkat.

5. Rajin mengukur tensi di rumah

Walaupun masih muda, kita harus sudah mulai mengecek tekanan darah tinggi. Ini sangat penting supaya kita selalu update dengan kondisi tubuh. Rutinitas mengukur tekanan darah ini bisa dilakukan di rumah dengan alat pengukur tekanan darah digital Omron JPN2 Upper-Arm Blood Pressure Monitor.

Popular Post