Love & Life

Gaji Cuma Numpang Lewat? Ini Tipsnya Biar Nggak Boros Saat Gajian


Buat kamu yang berprofesi sebagai karyawan, hari gajian adalah hari paling menyenangkan dalam setiap bulan. Biasanya di hari gajian, selalu ada perayaan kecil sebagai penghargaan kepada diri sendiri karena sudah bekerja keras pagi, siang bahkan sampai malam hari. Entah itu makan di restoran fancy, online shopping atau traktir pacar dan teman-teman.

Nah hal-hal seperti ini tidak disangka menjadi bagian kecil dari pemborosan gaji. Kadang kita menjadi lupa diri karena sibuk merayakan kerja keras tanpa memikirkan apa yang sebenarnya kita butuhkan. Jadilah dalam 10 hari, uang gaji langsung menipis. Tanggal tua pun datang lebih awal dan singgah lebih lama. Untuk menghindari skenario boros gaji seperti ini, perhatikan deh kiat-kiat berikut ini!

1. Bagi, Pisahkan dan Atur Gaji Bulanan

Tips tidak boros saat gajian

Secara sederhana, bagi dan pisahkan gaji kamu untuk 3 hal; living (40%), saving (30%) and fun (30%). Gunakan aplikasi keuangan di smartphone atau buat di Ms. Excel.

2. Buat Prioritas Tujuan Keuangan

Tips tidak boros saat gajian

Dahulukan pembayaran yang penting seperti tagihan bulanan, cicilan dan tabungan. Tahan segala keinginan yang sebenarnya nggak terlalu kamu butuhkan.

BACA JUGA :

Hindari Memboroskan Uang Untuk 5 Hal Nggak Penting Ini

Hidup Sebagai Wanita Karir? Ini Yang Harus Kamu Perhatikan

Apa Pekerjaan yang Paling Pas Untukmu Berdasarkan Zodiak?

3. Batasi Pengeluaran Tunai di ATM

Tips tidak boros saat gajian

Kalau kamu memiliki terlalu banyak cash di dompet, biasanya kamu cenderung jadi lebih boros.

4. Buat Tujuan Jangka Pendek

Tips tidak boros saat gajian 8

Misalnya kamu mempunya tujuan ingin berbisnis kuliner yang membutuhkan modal sekian juta. Maka tetapkanlah itu sebagai tujuanmu menabung. Evaluasi tabunganmu setiap 3 bulan sekali, apakah sudah sesuai dengan rencanamu?

5. Belanja Saat Diskon atau Melalui Online Shop

Produk beauty termurah

Belanja saat diskon adalah salah satu cara menghemat yang paling mudah. Kamu bisa mendapatkan barang yang kamu mau dengan harga yang lebih murah tentunya. Kamu hanya perlu bersabar menunggu saat barang yang kamu inginkan jadi diskon.

Cara kedua adalah dengan online shopping. Misalnya di iLOTTE.com, dimana terdapat banyak penawaran menarik untuk barang-barang yang super kece. Online shopping juga terbilang lebih praktis karena kamu tidak perlu mengeluarkan ongkos atau bermacet-macetan di jalan.

6. Membuat Catatan Belanja

Tips tidak boros saat gajian 9

Kalau mau pergi belanja ke supermarket, pastikan kamu sudah melakukan catatan belanjaan dan membeli sesuai dengan catatan. Dengan begini, akan lebih mudah untuk menghindari pembelian barang yang sebenarnya tidak dibutuhkan. Ohya, jangan lupa untuk mengisi perut di rumah sebelum berangkat belanja ya.

Promo LOTTE Mart

Good luck, peeps!

Popular Post