Hobbies

Serunya Mencoba Koin Karaoke di Korea


Buat kebanyakan orang Korea, karaoke sudah menjadi bagian dari hidup. Tempat karaoke bisa dijumpai dimana saja dan dijadikan sarana rekreasi orang-orang segala umur, dari anak sekolah hingga pekerja lanjut usia. Orang Korea pergi ke karaoke untuk melepas stress. Mereka tidak terlalu peduli dengan suara yang sumbang atau kunci yang tidak sesuai.

Ciri khas karaoke di Korea adalah umumnya selalu bersetting ramai dan mencolok perhatian karena mayoritas karaoke berada di basement atau lantai atas pertokoan.

Karaoke, sarana rekreasi favorit

Trend terkininya adalah Coin Noraebang (Koin Karaoke).

Koin Karaoke menjadi favorit karena jam buka 24 jam dan penggunaan yang fleksibel. Harga normalnya adalah 500 won atau 6000 rupiah untuk dua lagu. Ukuran ruangan bervariasi dan biasanya muat untuk hingga 5 orang. Seru kan untuk dipakai nyanyi dengan geng kalian?

Koin Karaoke dioperasikan 100% tanpa penjaga. Jika ada kesulitan atau masalah, nomor manajemen memang selalu tertempel di dinding karaoke. Tetapi mereka tidak akan datang jikalau bukan waktu kontrol atau waktu inspeksi kebersihan.

Jadi bagaimana cara menggunakan Koin Karaoke ini?

Mesin penukar uang dan rak cover mic

Ambillah cover microphone sekali pakai dan tukar uangmu jika memang diperlukan. Ada mesin penukar pecahan 1000 won dan koin 500an. Mesin penukar uang ini adalah barang wajib di setiap karaoke. Meski begitu, mesin karaoke tiap ruangan sebenarnya bisa menerima uang pecahan besar. Hanya saja kamu tidak akan mendapatkan kembalian.

Suasana salah satu Koin Karaoke

Pilihlah ruanganmu. Ukuran ruangan di satu Koin Karaoke biasanya serupa. Kamu boleh menggunakan ruangan mana saja yang kosong dan ini bisa dicek dengan mudah karena pintu Koin Karaoke transparan. Tetapi tidak jarang pula pengunjung harus antri. Koin karaoke memiliki jam populer tergantung lokasi sekitarnya. Di kampus-kampus, umumnya Koin Karaoke paling popular setelah jam 7 malam.

Setelah memasuki ruangan dan memasang cover mic, kamu bisa memasukkan uang sesuai jumlah lagu yang kamu ingin nyanyikan. Lalu list lagu pun siap untuk dipilih. Kamu bisa melihat sisa saldo lagumu di layar televisi.

Angka di pojok kanan menunjukkan sisa lagu
Tarif lagu dan tempat memasukkan uang

Bingung mencari inspirasi lagu? Sama seperti di Indonesia, mereka juga menyediakan katalog ditiap ruangan dan tentu poster-poster lagu terbaru bulan tersebut juga bisa menginspirasimu. Menariknya, karaoke di Korea umumnya memiliki pilihan lagu Cina, Jepang, Vietnam, Filipina dan Indonesia juga loh! Listnya memang tidak pernah diupdate seperti lagu Korea, Inggris atau Jepang. Akan tetapi jika ingin nostalgia dengan lagu-lagu Indonesia 90an pun boleh dicoba.

Haus setelah menghabiskan suara di karaoke? Jangan khawatir. Mayoritas Koin Karaoke menyediakan vending machine minuman berharga relatif murah.

Vending machine minuman

Bagaimana? Tertarik mencoba rekreasi ala orang Korea di Koin Karaoke?

Popular Post