Hobbies

Seoullo 7017, Jembatan Unik Penuh Sejarah di Tengah Seoul


Pemerintah Seoul tidak berhenti berinovasi dengan ruang publiknya. Kali ini ada Seoullo, jembatan yang melintang tepat di depan Seoul Station. Jembatan ini bukan jembatan biasa, karena mengandung nilai sejarah tinggi dan menjadi saksi bisu dinamisnya pertumbuhan Kota Seoul.

Seoullo dari depan pintu utama Seoul Station

Bernama resmi Seoullo 7017, jembatan ini pertama kali digunakan pada tahun 1970-an sebagai sarana penyambung bagian barat dan timur Seoul Station dengan kapasitas 1 lajur kendaraan. Fungsi utamanya adalah untuk logistik, karena ada Pasar Namdaemun yang vital bagi perekonomian Kota Seoul. Penggunaannya sebagai jalan raya ditutup karena alasan keselamatan (penuaan) dan akhirnya, pada tahun 2017 dibuka kembali sebagai taman (sky garden).

Tidak banyak yang tahu bahwa sebenarnya ada arti lain dari 7017. 17 juga melambangkan jumlah total bagian jembatan dan tinggi jembatan ini, yaitu 17 meter.

Pemandangan sore dari salah satu sudut Seoullo

Merupakan salah satu kebanggan Kota Seoul, Seoullo dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti kafe, pusat informasi, photo zone dan sarana rekreasi seperti kolam kaki hingga trampolin untuk anak-anak. Uniknya lagi, ada ratusan pot di Seoullo yang memuat beragam flora. Hanya saja biasanya bunga atau tanaman tidak hidup pada musim dingin, dan dapat kembali dinikmati di musim panas (sekitar April-Oktober).

Trampolin untuk anak-anak

BACA JUGA : 

3 Tempat Autentik Berburu Street Food di Seoul

Share D Table: Resto Instagrammable Tersembunyi di Seoul

Foto ala EXO dan Artis K-Pop di Yongma Land

Tempat merendam kaki untuk umum
Beragam tanaman pemanis Seoullo, lengkap dengan nama latin dan nama dalam Bahasa Korea

Seoullo didesain untuk dinikmati warga Seoul. Meski begitu, sejarahnya tidak mudah bagi pemerintah Seoul untuk meyakinkan warga yang terkena dampak alih fungsi Seoullo, terutama para pedagang yang bergantung pada Seoullo untuk jalur logistik mereka. Melalui banyak diskusi dan musyawarah, akhirna pemerintah Seoul berhasil meyakinkan warga bahwa Seoullo akan bermanfaat.

Contoh nyatanya adalah jika warga yang ingin menggunakan Seoullo sebagai venue acara seperti pertunjukkan kecil mingguan, kerja bakti, lomba untuk anak sekolah atau berjualan produk, prosesnya sangat mudah. Peminat dipersilakan untuk mendaftar melalui website yang telah disediakan. Pemerintah Kota Seoul terbuka menerima proposal dari warga untuk menggunakan tempat-tempat umum seperti Seoullo. Selain itu, pemerintah sendiripun sudah menyiapkan banyak program lain agar warga senantiasa berkumpul di Seoullo.

Bagaimana cara ke Seoullo? Seoullo terletak tepat di depan Seoul Station dan juga terhubung ke Pasar Namdaemun dan 800m dari Chungjeongno Station exit 5. Dibuka 24 jam dengan penjagaan kondusif (CCTV dan petugas keamanan), Seoullo sangat cocok untuk menjadi destinasi jalan-jalanmu diwaktu senggang.

 

Popular Post