Hobbies

Refreshing Sekaligus Olahraga dengan Rock Climbing di Korea


Bingung mau ngapain di saat waktu luang? Daripada bingung mending memanfaatkan waktu untuk olahraga dengan cara menyenangkan aja seperti rock climbing! Kali ini aku mau ngajak teman-teman untuk mengunjungi tempat rock climbing yang ada di Korea, namanya Kimdaewoo Climbing Indoor  atau 김대우 암벽 교실  di Pohang. Aku pribadi suka dengan rock climbing, jadi bagi aku ini merupakan olahraga yang cukup sehat dan bisa menjadi salah satu tempat hang out seru bersama teman.

Tidak perlu repot membawa sepatu saat mengunjungi rock climbing karena sudah disediakan di sini. Harga untuk rock climbing pun bervariasi berdasarkan paket yang didapat. Untuk pemula yang belum pernah mencoba rock climbing atau memerlukan pelatih biayanya sekitar 35,000 won/jam dan terbatas kuota per harinya. Untuk yang sudah pernah climb dan tidak memerlukan pelatih harganya akan lebih ekonomis yaitu 25,000 won/orang. Ada juga harga untuk member per bulan sekitar 150,000-250,000 won/member lho.

Di sini zona climbing-nya juga dibagi menjadi 2 yaitu indoor dan outdoor. Di musim tertentu lokasi outdoor akan dibatasi. Seperti saat musim dingin, zona outdoor tidak beroperasi demi keamanan, namun di saat musim panas ini jam operasional juga terbatas sesuai waktu yang ditentukan oleh pemilik.

Jangan khawatir bagi kamu yang pertama kali climbing karena pelatih akan mengarahkan kita untuk stretching terlebih dahulu. Stretchingnya tidak main-main lho. Cukup membakar energi sebelum memulai climb. Tentunya memang harus begitu agar tubuh kita terhindar dari cidera.

Ini stretching yang harus dilalui sebelum mulai rock climbing. Pertama, kita akan diminta skipping 100 kali, diteruskan dengan sit up dan push up kemudian ditutup dengan senam dasar. Setelah itu pelatih akan memberi contoh cara melakukan climbing yang benar. Kita juga diajarkan cara mengarahkan mengontrol tenaga tangan dan bagaimana mengerahkan tubuh kita untuk mencapai puncak.

BACA JUGA : 

Jalan-jalan Malam di Dongdaemun ala Presiden Jokowi

Seoullo 7017, Jembatan Unik Penuh Sejarah di Tengah Seoul

Belajar Etika di Istana Tersembunyi Sungkyunkwan University

Sebelum mulai kita akan diberi kesempatan untuk mencobanya climbing. Walau saat melihat pelatih yang melakukan climbing sangat mudah tetapi saat dicoba susah-susah gampang lho. Setelah itu, kita dikasi kesempatan memanjat bebas di tebing yang lebih tinggi dan dijaga dengan sabuk pengaman.

Selesai climbing kita bisa mandi karena tersedia fasilitas shower room yang sudah disiapkan body wash dan facial wash. Tips dari aku, sebelum berkunjung ke rock climbing lebih baik pilih yang mempunyai fasilitas seperti ini. Karena setelah selesai dijamin kamu akan mandi keringat.

Pastikan juga kamu menggunakan pelatih saat pertama kali mencoba climbing dan booking terlebih dahulu jauh-jauh hari sebelum mengunjunginya. Terakhir, waktu terbaik untuk climbing akan lebih leluasa dilakukan saat weekday karena saat weekend terlalu ramai. Semoga tipsnya bermanfaat dan selamat mecoba rock climbing ya!

Popular Post