Hobbies

Mau Liburan? Intip 5 Tips Sederhana Mewujudkan Liburan Impian Kamu Tahun Ini


Melihat postingan teman di Instragram yang wara-wiri keliling Indonesia atau bahkan keliling dunia pasti membuat kita cemburu berat. Bulan ini ada di Sabang, bulan selanjutnya sudah ada di Raja Ampat.

Duh, rasanya iri sekali ya melihat unggahan-unggahan mereka di media sosial, sedangkan kita sendiri tidak memiliki rencana kemanapun untuk mengisi liburan di tahun ini.

Sebenarnya tidak sulit untuk mewujudkan liburan impian kita asalkan ada niat dan perencanaan yang matang untuk benar-benar pergi melancong ke belahan bumi lainnya. Terkadang, hanya diri kita yang merasa tidak mampu dan ‘malas’ untuk merencanakan liburan tersebut.

Berikut 5 tips yang bisa kamu lakukan untuk mewujudkan mimpi kamu untuk pergi menjejakkan kaki keliling tanah Indonesia tercinta atau bahkan keliling dunia.

1. Merencanakan Keberangkatan Setidaknya Satu Tahun Sebelumnya

Bangunan dengan cat berwarna merajh terang khas Melaka

Wah, lama juga ya.

Bagi kamu yang tidak memiliki banyak waktu luang karena kesibukan di tempat kerja, atau tidak memiliki dana khusus yang  bisa dialokasikan untuk pergi berlibur secara mendadak, ada baiknya kamu merancang kegiatan liburan kamu sejak jauh-jauh hari.

Pertama, untuk menentukan kapan kamu harus ambil cuti di tempat kerja dan menyelesaikan pekerjaan kamu sebelum waktu liburan tiba.

Ambilah kalender, tandai hari libur yang bisa dilanjutkan dengan cuti, dan tentukan target pekerjaan yang harus selesai. Dalam satu tahun, pastinya kamu bisa melihat ada beberapa celah untuk mengambil waktu libur, tentukanlah tanggal dan bulannya setidaknya satu atau dua kali dalam setahun kamu bisa mengambil ‘jatah’ untuk traveling.

Mumpung masih nuansa awal tahun nih, kita bisa merencanakan liburan di akhir tahun atau awal tahun mendatang.

2. Siapkan Administrasi & Akomodasi Jauh-Jauh Hari

Jika kamu berencana untuk berlibur ke negara lain, kamu bisa menyiapkan waktu dan budget untuk membuat paspor. Membuat paspor juga harus direncanakan karena biasanya memakan waktu untuk mengantri secara online. Biaya administrasi paspor sendiri cukup terjangkau, sekitar 350 ribu rupiah untuk paspor biasa dan 650 ribu untuk pembuatan e-paspor.

Selain menyiapkan kelengkapan adiministrasi seperti paspor, kita juga bisa mengestimasi biaya pembuatan visa, jika memang akan berkunjung ke negara yang membutuhkan visa untuk berkunjung.

Bagaimana untuk hotel dan tiket pesawat?

Nah, ini enaknya kalau kita sudah memiliki estimasi tanggal dan bulan keberangkatan untuk liburan. Kita bisa mencari tiket pesawat dengan harga promo atau lebih murah, juga hotel atau penyewaan tempat tinggal yang lebih terjangkau dibandingkan kita memesan secara mendadak atau dalam waktu dekat.

Tiket pesawat dan penginapan juga bisa kita beli dengan ‘mencicil’. Misalkan bulan pertama kita membeli tiket keberangkatan, bulan kedua kita membeli tiket pulang, dan bulan ketiga bisa mencari dan membayar harga penginapan.

Tak usah ragu untuk membeli tiket, karena sekarang tiket perjalananmu bisa dibeli secara online atau bahkan kamu bisa membayarnya di mini market sambil jajan ciki.

3. Atur Budget dan Menabunglah!

Yuk, nabung yu

Setelah memiliki tanggal keberangkatan dan tiket pulang pergi, saatnya kita mengatur budget akomodasi selama di perjalanan nanti. Biasanya budget ini termasuk konsumsi, transportasi, dan mungkin untuk membeli oleh-oleh.

Dari mana kita mendapatkan informasi tentang budget liburan di tempat tertentu? Rajin-rajinlah mencari informasi, biasanya para travel blogger dengan senang hati memberikan itenerary liburan mereka secara cuma-cuma  di blog (biasanya destinasi wisata dan berbagai biaya serta pengeluaran selama di perjalanan).

Jika kita kesulitan memiliki dana khusus untuk traveling, maka menabunglah. Buatlah rekening khusus untuk menabung setiap bulannya, dan tentunya harus konsisten. Ingat ya kata pepatah, bersakit-sakit dahulu, bersenang-senang kemudian.

4. Ajak Teman Dan Manfaatkan Koneksi

Merencanakan liburan bersama teman-teman, jauh lebih menyenangkan

Jika anggaranmu terbatas dan kamu tidak berencana untuk menyewa jasa travel agent, ajaklah seorang atau lebih temanmu untuk menyusun liburan bersama. Biasanya, jika secara berkelompok, semangat untuk menabung dan mempersiapkan perjalanan akan lebih tinggi, dibandingkan hanya melakukanya sendirian.

Selain itu, dengan pergi bersama seorang teman atau lebih, resiko ‘nyasar’ di tempat wisata juga akan lebih bisa diminimalisir, walaupun sih justru ‘kesasar’ itu adalah seninya ketika traveling. Namun setidaknya, jika kita bersama orang lain, kita akan lebih percaya diri dan lebih siap jika ada kendala di lokasi wisata.

Berlibur bersama teman juga memiliki kelebihan lainnya, yakni koneksi. Siapa tahu, teman kita memiliki keluarga atau kenalan di tempat wisata yang kita tuju, bisa jadi mereka bisa membantu menemukan penginapan dengan harga yang lebih terjangkau, atau membantu menyediakan fasilitas transportasi.

5. Sabar dan Semangat!

Batu Cave, Malaysia

Biasanya, karena rencana liburan yang terlalu jauh, sesekali kita akan kehilangan semangat untuk melanjutkan impian kita untuk berlibur. Apalagi jika di tengah jalan ada godaan untuk membelanjakan tabungan liburan.

Hmm, kalau sudah begitu, suntikan semangat harus dikobarkan lagi ya. Apalagi kalau tiket pulang dan pergi sudah di tangan, sayang sekali kalau harus ‘hangus’.

Motivasi diri kamu selalu untuk tetap konsisten menjalankan apa yang sudah kamu rencanakan jauh-jauh hari. Bayangkanlah jika suatu saat nanti, kamu akan melihat belahan Bumi lain yang tak pernah kamu lihat sebelumnya, dan pastinya sensasi liburan juga akan membuat kamu lebih bersemangat untuk bekerja dan menjalani hari-harimu.

Dan tentunya juga, liburan itu bikin nagih!

Yuk! Buat kamu yang belum punya rencana liburan kemanapun tahun ini, ikuti langkah di atas, dan bersiaplah mengisi feed Instagram kamu dengan tempat-tempat yang menakjubkan!

Popular Post