Hobbies

Jalan-jalan Malam di Dongdaemun ala Presiden Jokowi


Presiden Jokowi menyempatkan ‘blusukan’ bersama Presiden Moon Jae In dalam kunjungan kerjanya September lalu ke Seoul. Setelah sebelumnya Presiden Jokowi membawa Presiden Moon ke Bogor Trade Mall, kali ini Presiden Moon yang giliran mengenalkan Presiden Jokowi pada salah satu tempat shopping hits di Seoul, yaitu Dongdaemun. Seperti apa sih Dongdaemun ala Presiden Jokowi?

Landscape malam Dongdaemun

Jokowi mengatakan bahwa Dongdaemun mirip Tanah Abang, benarkah?

Dongdaemun sendiri adalah pusat belanja multi complex dengan segala pilihannya. Tidak seperti Tanah Abang yang terbagi menjadi blok-blok, pusat belanja di Dongdaemun terbagi menurut pengelola gedungnya. Ada Doota untuk brand-brand kelas menengah Korea dan brand sportswear ternama, Migliore, AM:PM dan Good Morning City yang merupakan pusat fashion khas Korea dengan nuansa serupa dengan Mangga Dua, atau Lotte Fitin yang menawarkan brand Korea kelas menengah hingga menengah keatas. Jika penasaran dengan suasana grosir yang lebih tradisional lagi, masih ada Pyonghwa Fashion Town di Dongdaemun yang boleh diintip.

Area shopping di Doota Mall Dongdaemun B1

BACA JUGA : 

Rekomendasi Tempat Tinggal Sementara di Korea

Foto ala EXO dan Artis K-Pop di Yongma Land

Jalan-jalan Musim Gugur di Incheon Grand Park

Area shopping di Dongdaemun Design Plaza

Dalam kunjungannya, Jokowi terlihat tidak hanya berbelanja, tetapi juga berjalan-jalan malam di kebun penuh bunga yang menyala. Nah ini adalah salah satu atraksi paling direkomendasikan di Seoul. Kebun bunga penuh lampu ini terletak di Dongdaemun Design Plaza. Kebun ini cocok untuk dijadikan tempat jalan-jalan romantis dimalam hari. Pada bulan-bulan tertentu, banyak pameran datang dan dekorasi bunga akan berganti dengan tema-tema lain seperti panda atau pikachu.

Kebun bunga dari lampu

Bagaimana cara ke Dongdaemun?

Dua stasiun terdekat adalah Dongdaemun Station Line 1 atau Dongdaemun History and Culture Park Line 2, 4, 5. Dari kedua stasiun, sudah dapat langsung melihat Shopping Complex. Jam buka toko bervariasi, rata-rata jam 10 malam sampai jam 4 pagi. Beberapa mall tutup dihari Senin atau Selasa.

Popular Post