Hobbies

Belajar Etika di Istana Tersembunyi Sungkyunkwan University


Penggemar Song Joongki? Tidak asing dengan drama Korea yang sempat hits ditahun 2010 berjudul Sungkyunkwan Scandal? Nah mari kita berkunjung ke Sungkyunkwan University, tempat yang menjadi latar drama Sungkyunkwan Scandal.

Myeongnyun – Sungkyunkwan University Seoul

Sungkyunkwan University adalah salah satu universitas ternama dengan sejarah panjang hingga masa Kerajaan Joseon. Cikal bakal universitas ini berdiri sejak tahun 1398. Saat ini kampusnya ada di Suwon dan Seoul, yang mana Seoul adalah lokasi awal dan pusat untuk jurusan sosial, sedangkan kampus di Suwon didukung oleh Samsung sebagai pusat jurusan dan riset sains. Sungkyunkwan University sangat kaya dan menarik untuk dijelajahi, tetapi kali ini kita akan fokus kepada bangunan istana yang tertinggal di kampus Seoul.

Kelas etika untuk anak

BACA JUGA : 

Mengintip 5 Museum Unik di Korea Selatan

Jalan-jalan Musim Gugur di Incheon Grand Park

Kembali ke Masa Lalu Lewat Baekje Cultural Land

Kelas etika untuk anak

Bertempat di paviliun yang khas Joseon di dalam kampus, tiap harinya banyak anak-anak TK hingga SD yang berkunjung untuk mengambil kelas etiket. Jaman dahulu, warga kerajaan Joseon wajib tahu tata krama kerajaan. Dimasa modern, praktek ini sudah jarang dilakukan. Akan tetapi masih banyak orang tua dan sekolah yang mengirimkan anaknya untuk mengambil kelas etika dan tata krama kilat, selama mulai dari 1 hari. Nah Paviliun Sungkunkwan ini lah salah satu tempatnya.

Song triplets di kelas etika

Apa sih yang diajarkan?

Ada banyak materi yang dikenalkan dikelas tata krama ini. Salah satunya adalah membungkuk untuk memberikan penghormatan yang benar dan kelas kaligrafi. Mungkin banyak yang familiar dengan si Triplets Daehan Minguk Manse. Mereka pernah mengikuti kelas serupa disalah satu episode variety show Superman Returns.

Selain itu, anak-anak juga diajarkan sajak klasik singkat. Uniknya dari kelas ini adalah baik murid dan pengajar menggunakan hanbok (baju tradisional Korea) selama kelas berlangsung.

Bermain permainan tradisional

Tidak hanya etika saja, biasanya kelas akan ditutup dengan permainan tradisional seperti tuho, yaitu melemparkan stik ke dalam tabung dari jarak tertentu, atau jegichagi, yaitu pertandingan menendang jegi (bola dari kertas/plastik yang berbentuk seperti kok bulutangkis) sebanyak-banyaknya. Permainan tradisional tentu akan membuat anak kembali ceria setelah kelas.

Bagaimana jadwal kelas etika ini?

Biasanya hanya ada kelas di pagi menjelang siang hari. Jadwal kelas diatur bersama pengelola kampus dan sekolah sekitar. Jika tidak ada kelas, area paviliun penuh sejarah ini adalah tempat bersantai yang asik. Sekitarnya sangat rindang dan juga cocok dijadikan tempat berkumpul.

‘Istana’ ini letaknya cukup tersembunyi, ada disamping gedung 600th Memorial di dalam area kampus Sungkyunkwan Seoul. Stasiun terdekat ke Sungkyunkwan University adalah Hyehwa Station exit 4 lalu jalan kaki sekitar 15 menit, atau naik shuttle bus seharga 300 won dari Hyehwa Station exit 1.

Diskon Holiday

Popular Post