Foodies

Yuk Kenalan Dengan Lunch Box di Korea!


Jika Jepang dikenal dengan Bento, maka di Korea juga punya ciri khas lunch box tersendiri lho. Dalam Bahasa Korea bekal disebut Dosirak atau “doshirak” (도시락). Apabila diterjemahkan ke Bahasa Indonesia akan memiliki arti harafiah sebagai kotak makan siang alias lunch box.

Korean Lunch Box - Dosirak

Dulu Dosirak ini adalah bekal homemade yang dibawakan untuk bekerja, sekolah atau aktivitas lainnya. Hanya saja seiring berjalannya waktu, Dosirak mudah bisa ditemui secara mudah di mana saja. Hampir setiap mini market di Korea seperti Seven Eleven, CU, GS dan sebagainya menyediakan Dosirak. Karena zaman sudah semakin praktis, jadi kita juga tidak perlu repot menyiapkan bekal makan kita.

Menu dari Dosirak yang dijual sebagai bekal makan siang ini juga beragam. Ada 3 menu favorit yang paling sering ditemui antara lain:

1. Bulgogi

Korean Lunch Box - Dosirak

Saos bulgogi selalu disajikan bersama dengan daging. Secara literal bulgogi sendiri berarti api dan daging. Rasanya pun gurih dan sedikit manis kemudian dipadukan dengan rempah lain yang membuat makanan ini harum.

BACA JUGA : 

Bibimbap, Makanan Favorit Para Pecinta Drama Korea

Apa Bedanya Delivery Makanan di Korea Dengan di Indonesia?

Insider’s Tips: Sepuasnya Kulineran Otentik Korea di Nature Kitchen, Seoul

2. Sosis

Korean Lunch Box - Dosirak 3

Sosis yang disajikan sudah dipotong kecil-kecil dan dimasak dengan sejenis bumbu  teriyaki sehingga rasanya pun lezat.

3. Meatball

Korean Lunch Box - Dosirak

Walaupun seperti menu western, di Korea juga ada meatball lho sebagai menu makan kamu.

Habis lihat foto di atas, kita bisa ambil beberapa kesimpulan yaitu setiap Dosirak pasti ada kimchi-nya. Maklum kalau orang Korea makan tidak ada kimchi rasanya ada yang kurang gitu.

Dengan harga hanya dalam kisaran 3,000-4500 won yang cukup ekonomis, kita sudah bisa mendapatkan makanan yang lezat. Rasanya beneran enak lho teman-teman!

Dosirak ini dijual di dalam bentuk dingin karena di taruh di dalam kulkas, maka setelah kita memilih mau makan apa, selanjutnya makanan kita akan dipanasi menggunakan microwave dalam waktu 2-2,5 menit.

Bagi teman-teman yang belum pernah mencobanya, jangan lupa cicipi Dosirak ini saat ke Korea. Dari pada makan kimbab, mendingan makan Dosira ini karena harganya berbeda tipis dan porsinya jauh lebih besar. Apalagi kalau kamu student yang sedang stay lama di Korea, Dosirak bisa kamu jadikan salah satu menu untuk menghemat uang jajan lho ^^

Selamat mencoba ya teman-teman!

Popular Post