Foodies

Hindari Jenis Makanan dan Minuman Ini Biar Puasa Maksimal


Hampir setengah jalan kita menjalani ibadah puasa. Banyak efek positif yang terjadi dalam tubuh kita, mulai dari detoksifikasi, sistem pencernaan membaik sampai penurunan kadar lemak dan glukosa dalam tubuh. Tentunya hal-hal baik itu harus didukung juga dengan kebiasaan berbuka dan sahur yang baik. Kita semua setuju kan kalau konsumsi makanan dan minuman sangat mempengaruhi ibadah puasa. Makanya, cara yang paling gampang buat menjaga konsumsi kita adalah dengan menghindari beberapa jenis makanan dan minuman berikut ini.

1. Soft Drinks

Makanan Minuman Puasa

Sangat tidak dianjurkan untuk berbuka atau sahur dengan minuman berkarbonasi yaitu soft drinks. Minuman yang mengandung gas ini dapat menguras kadar air tubuh kita untuk memproses glukosa di dalamnya. Just so you know, soft drinks bisa mempersulit tubuh melawan penyakit.

2. Kopi

Coffee

Kandungan kafein dalam kopi bisa memicu naiknya asam lambung, apalagi saat perut kita dalam keadaan kosong. Untuk sementara selama sebulan ini, ganti deh minum kopi dengan air putih ataupun fresh juice.

3. Keju

Cheese

Buat penggemar menu keju-kejuan harus menahan diri sebentar ya. Jenis makanan ini ternyata mengandung serat yang sulit dicerna tubuh. Kalau ingin puasa lebih maksimal dan tetap sehat, sebaiknya hindari cheese topping pada makanan favorit kita.

4. Fast Food

Fast Food Puasa

Kandungan karbohidrat dan lemak yang sangat tinggi pada fast food bisa jadi kombinasi berbahaya buat tubuh kita saat puasa. Plus, fast food yang kebanyakan digoreng cenderung akan memperlambat proses pencernaan dalam tubuh.

5. Cokelat

Cokelat Puasa

Selain kopi, konsumsi cokelat juga perlu diwaspadai. In fact, makanan yang selalu bisa jadi mood booster ini membuat perut kita akan terasa kembung. Hmmm kalau sudah seperti ini, puasa jadi terasa tidak nyaman.

Sebagai alternatif pengganti makanan dan minuman tadi, saat bulan puasa lebih baik perbanyak konsumsi sayur dan buah biar tubuh kita tambah segar.

 

Photo source: Shutterstock

Popular Post