Foodies

Bibimbap, Makanan Favorit Para Pecinta Drama Korea


Tak hanya terkenal di Korea, Bibimbap, makanan sehat, lezat dan praktis ini juga digemari di berbagai penjuru dunia. Mulai dari anak-anak hingga orang tua senang menyantap Bibimbap sebagai menu makan siang atau makan malam, khususnya di negara Korea.

Nah, pantas saja Bibimbap masuk ke dalam daftar 40 makanan terenak di dunia.

Di Indonesia sendiri, sudah banyak restoran yang menyajikan Bibimbap dan menu lainnya, seiring dengan maraknya penggemar drama dan musik Korea. Kamu yang menggemari budaya dan kesenian Korea pasti sudah langganan menyantap semangkuk hangat Bimbimbap kan?

Bibimbap Korea

Isi Semangkuk Bibimbap

Bibimbap Korea

Bisa dibilang Bibimbap ini merupakan menu 4 sehat 5 sempurna ala Korea karena isinya sudah mencakup nasi, sayuran, dan lauk pauk.

Biasanya, semangkuk Bibimbap disajikan dengan berbagai macam sayuran hijau, jamur, wortel, timun , daging ikan, sapi atau ayam, dan dilengkapi dengan telur setengah matang.

BACA JUGA :

Sedap! Restoran Ayam Goreng Korea Paling Enak di Jakarta

Penggemar Mie Korea? Cobain Yuk 5 Mie Instant Korea Favorit iSTYLE

Nikmat! Resep Kimchi ala Lidah Indonesia Ini Wajib Banget Kamu Coba

Rasa Khas Bibimbap

Rasa Khas Bibimbap Korea

Bibimbap menjadi makananya yang istimewa karena memiliki cita rasa khas Korea. Gochujang dan minyak wijen adalah bumbu wajib yang menjadikan Bibimbap lebih dari semangkuk nasi berisi sayuran dan lauk pauknya. Gochujang sendiri merupakan saus cabai yang terbuat dari fermentasi beras ketan dan bubuk cabai.

Cara Menyantap Bibimbap

Cara makan bibimbap Korea

Sebenarnya cara menyantap Bibimbap ini tidak wajib, tentunya bisa disesuaikan dengan selera kamu. Namun biasanya orang Korea menyantap Bibimbap dengan mencampurkan semua sayur, daging, bumbu dan nasi menjadi satu. Mirip seperti nasi campur ya? Memang itulah arti kata Bibimbap dalam bahasa Indonesia.

Cara Membuat Bibimbap

  • Bumbui daging dengan kecap asin, lada, pala, saos tiram, beri sedikit air kemudian masak hingga matang dan air habis.
  • Didihkan air, beri sedikit garam, rebus semua sayuran lalu tiriskan.
  • Tumis gochujang dengan minyak wijen dan tambahkan 4 sdm air, masak sampai kental.
  • Ambil nasi secukupnya, letakan di dalam mangkuk lalu tata sayuran, daging, nori, kimchi, dan terakhir beri telur setengah matang diatasnya.
  • Tambahkan saus gochujang dan taburi wijen.
  • Nasi campur Bibimbap siap disajikan!

Popular Post