Foodies

Biar Lebih Terasa Manfaatnya, Ini Tips Sehat Minum Kopi


Bagi kebanyakan orang, kopi adalah minuman yang tidak bisa dilewatkan dalam konsumsi sehari-hari. Sering kali, kopi dijadikan mood booster sebelum beraktivitas, teman santai, teman bekerja hingga lembur. Kandungan kafein di dalam kopi dibutuhkan tubuh untuk melawan kantuk dan berfungsi sebagai dorongan energi. Makanya para caffeine lover sering mengidentikan pagi hari dengan wangi kopi yang harum dan sedap.

Di balik itu semua, tahukah kamu ternyata kebanyakan orang minum kopi dengan cara yang salah? Terutama kamu yang langsung mengonsumsi kopi setelah bangun tidur atau di bawah jam 9. Fyi, pada jam-jam ini level cortisol atau hormon stress sedang berada pada tingkat tertingginya lho. Mengonsumsi kopi pada jam tersebut tidak akan membuat kafein bisa bekerja secara maksimal.

Nah, supaya lebih terasa manfaat kopi, simak 4 tips sehat minum kopi berikut ini.

1. Jangan Minum Kopi Terlalu Pagi

Tips sehat minum kopi

Seperti yang sudah dijelaskan tadi, minumlah kopi di saat produksi cortisol dalam tubuh mulai berkurang. Biasanya sekitar 3-4 Jam setelah kamu bangun tidur. Misalnya kamu bangun pada pukul 6 atau 8 pagi, maka mulailah minum kopi pada pukul 9-11 pagi.

JJ Royal Coffee - LOTTE Mart
LOTTE Mart, Rp 420.000

2. Kurangi Tambahan Gula Pada Kopi

Ini mungkin saran yang paling sulit. Kebanyakan orang akan memilih menikmati kopi dengan pemanis seperti gula. Namun jika kamu bisa mengonsumsi kopi tanpa gula, lidah akan terbiasa menikmati rasa kopi yang sesungguhnya. Sebagai pengganti gula, gunakan krim untuk mengurangi rasa pahit pada kopi.

BACA JUGA :

Khasiat Kopi Pahit untuk Mendukung Diet

Waktu Terbaik Minum Kopi yang Harus Kamu Tahu

5 Es Kopi Susu Rumahan Paling Hits di Jakarta

Max Creamer - LOTTE Mart
LOTTE Mart, Rp 33.200

3. Minum Kopi Setelah Sarapan

Minum kopi saat perut kosong dapat menurunkan kadar gula dalam darah yang drastis sehingga memunculkan keinginan yang lebih besar untuk mengonsumsi makanan-makanan manis. Di sisi lain, minum kopi saat perut kosong juga bisa menunda rasa lapar kamu. Ini kurang baik buat sistem pencernaan tubuh karena kadar gula dalam darah akan turun drastis.

Tubuh pun jadi ingin mengonsumsi makanan manis dan menginginkan beberapa gelas kopi lainnya. Sebaliknya, jika kamu mengonsumsi kopi setelah sarapan, makan keinginan akan makanan-makanan manis tersebut bisa berkurang.

JJ Royal Coffee - Kopi Tubruk - LOTTE Mart
LOTTE Mart, Rp 9.700

4. Jangan Minum Kopi diatas jam 3 Sore

Larangan minum kopi pada malam hari banyak disarankan oleh para praktisi medis dan pakar kesehatan. Minum kopi pada sore atau malam hari dapat menganggu jam tidurmu dan efeknya bisa berlangsung selama 6 jam setelahnya. Tetapi sesekali boleh kok kalau kamu terjebak pada situasi yang memaksamu untuk terjaga semalaman untuk lembur kerjaan. Pokoknya jangan terlalu sering aja ya.

Popular Post