Foodies

3 Tempat Autentik Berburu Street Food di Seoul


Jajanan Korea sangat populer dikalangan banyak turis Indonesia yang tergiur dengan berbagai hidangan lezat yang mereka saksikan di drama. Tempat pertama yang terpikirkan untuk membeli jajanan tersebut pastilah Myeongdong. Padahal warga lokal tidak pernah berkunjung ke Myeongdong untuk jajanannya karena beberapa hal, seperti penuhnya wisatawan asing dan harganya yang super mahal.

Lalu dimana tempat terbaik membeli jajanan khas Korea dengan harga terbaik?

1. Gwangjang Market

Gwangjang Market adalah pasar tradisional berskala besar yang terletak di tengah kota Seoul. Menariknya, pasar ini berkembang menjadi daerah wisata semenjak banyak diliput variety show Korea, seperti Running Man. Sangat mudah menemukan wisatawan asing disini.

Beberapa makanan khas dari Gwangjang Market diantaranya pajeon, japchae, sundae dan jokbal. Kamu juga bisa menikmati sannakji (gurita mentah dan hidup) atau yukhoe (daging sapi mentah dengan telur mentah) disini. Harga yang ditawarkan adalah harga normal Korea.

Streetfood di Korea - Alira Dwipayana
Hemul Pajeon (seafood pancake) dari salah satu kedai di Gwangjang Market

Kelebihan Gwangjang Market adalah area makannya yang nyaman, tidak seperti tempat lainnya. Hal ini dikarenakan settingannya yang berupa restoran-restoran kecil.

Jam buka resmi Gwangjang Market adalah 08.30-18.00 untuk toko-toko umumnya dan 08.30-23.00 untuk kedai makanan.

2. Hongdae/Daehakno

Streetfood di Korea

Street food di Korea
Suasana jalan utama Daehakno

Hongdae dan Daehakno adalah daerah pusat berkumpulnya anak muda di Seoul. Perbedaannya, Hongdae lebih dikenal dengan street performance dan area belanjanya yang cukup murah. Hongdae juga cukup luas dan terkoneksi ke cafe street di sekitar. Sedangkan Daehakno, terkenal sebagai pusat teater dan musikal skala kecil hingga medium di Korea.

Hongdae dan Daehakno memiliki pesona yang berbeda, tapi keduanya punya area jajanan yang cukup memadai. Dari mulai sate, tteokbokki, goreng-gorengan hingga churros ada disini. Kelebihan area ini adalah kios-kios jajanan yang buka dari siang hari, tidak seperti Myeongdong yang hanya buka di sore hingga malam hari.

Daehakno terletak di area sekitar exit 4 Stasiun Hyehwa (line 4). Sedangkan jajanan di Hongdae ada di area sekitar exit 8 dan 9 Stasiun Hongik University (line 2) atau di arah Bershka/Trick Art Museum Hongdae.

3. Yeongdeungpo

Yeongdeungpo sebenarnya merupakan area perdagangan lama yang kini mulai berubah, apalagi sejak hadirnya Times Square, salah satu mall terbesar di Seoul. Yeongdeungpo ramai oleh kalangan pegawai, karena ada banyak pusat keuangan, gedung parlemen dan juga stasiun TV KBS di area sana.

Berburu street food di Korea
Kios donat goreng tradisional di Yeongdeungpo

Ada banyak titik yang bisa dijelajahi di sekitar Stasiun Yeongdeungpo. Untuk streetfood, rekomendasi terbaik adalah disekitar exit 3 Stasiun Yeongdeungpo. Meski area ini ramai hingga dinihari, ada baiknya berkunjung sekitar pukul 8-10 malam, karena semakin malam akan semakin banyak pegawai yang keluar untuk minum, yang mungkin membuat kurang nyaman.

Bagaimana, apakah kamu tertarik untuk mencoba jajanan Korea paling autentik di tempat-tempat diatas?

Must Eat & Travel

Popular Post