Fashion & Beauty

Mau Tampil Cantik Seharian? Ini 5 Tips Makeup Anti Smudging!


Sering retouch makeup karena eyeliner smudging ketika siang hari, atau eyeshadow creasing di bagian kelopak mata? Hal-hal seperti itu memang bikin frustrasi, tapi sebenarnya kamu tidak sendirian.

Ada beberapa cara yang bisa dihindari kalau kamu ingin punya makeup mata yang sempurna loh! Berikut ini ada 5 tips yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan makeup mata yang bebas creasing dan smudging. 

1. Jangan Pakai Foundation/Concealer Sebagai Primer

Tips anti smudging

Seringkali ditemukan, banyak orang yang menggunakan produk foundation atau concealer sebagai pengganti eye primer, padahal sebaiknya kedua produk ini dihindari karena memiliki formula mengandung minyak yang bisa menyebabkan eyeshadow lebih cepat creasing.

2. Gunakan Primer

Supaya makeup mata dapat bertahan lebih lama, aplikasikan primer ke seluruh kelopak mata sebelum menggunakan makeup, atau gunakan bedak.

Make Up For Ever Eye Prime

Eye primer seperti Make Up For Ever Eye Prime (iLOTTE.com : IDR 360.000) bisa mengurangi garis kerutan mata sehingga pengaplikasian eyeshadow lebih mudah merata.

Selain itu, eye primer juga berguna untuk menetralisir warna kulit sehingga warna eyeshadow yang digunakan akan terlihat lebih intens.

BACA JUGA : 3 Makeup Hacks yang Pasti Berguna Untuk Sehari-hari

3. Pakai Produk  Dengan Daya Tahan Tinggi

Tony Moly Perfect Eyes Coating Liner Waterproof

Ketika berbelanja untuk produk mata, carilah produk yang memberikan klaim ‘water-resistant’, ‘long-lasting’, atau ‘waterproof’. Makeup matamu dijamin tidak mudah transfer atau smudge.

Jadi, ingatlah untuk selalu membeli produk yang sudah dikenal memiliki formula baik seperti Tony Moly Perfect Eyes Coating Liner (iLOTTE.com : IDR 246.000).

4. Jangan Gunakan Eyelash Curler Setelah Eyeliner

Tips Anti Smudging

Jika kamu salah satu orang yang menggunakan penjepit bulu mata setelah mengaplikasikan eyeliner, sebaiknya mulai membiasakan diri untuk mengubah metode untuk menjepit bulu mata sebelum menggunakan eyeliner.

Dengan menggunakan cara ini, kamu akan menghindari smudging yang biasanya terjadi ketika karet eyelash curler terkena bagian kelopak mata.

5. Pakai Setting Spray

Make Up For Ever Mist & Fix Setting Spray

Make Up For Ever Mist & Fix Setting Spray (iLOTTE.com : IDR 220.000)

Setelah menyelesaikan makeup, gunakanlah setting spray secara langsung ke wajah, pastikan untuk menyemprotkan dengan jarak sekitar 20 cm dari wajah.

Kamu bisa menyemprotkan setting spray pada wajah dengan menggunakan gerakan bentuk X atau T ke bagian wajah untuk membuat makeupmu jadi bertahan lebih lama.

Dengan 5 tips mudah ini, kamu bisa mendapatkan makeup mata yang sempurna tanpa smudging dan smearing. Selamat mencoba!

Popular Post