Fashion & Beauty

Makeup Way! – Part 1/3


Zaman sekarang yang namanya perawatan kulit itu terlalu pun saking terlalunya sampai bingung yang mana mesti di pakai duluan. Nah, sekarang untuk nge-solve kebingungannya mari kita liat ada apa aja sich!

Sebenarnya sbelum masuk abad-21, yang namanya perawatan kulit paling taunya ‘CREAM MUKA’ satu ini aja. Tapi sekarang… WOW!! Seiring waktu yang berjalan kemajuan pengembangan kosmetik di dunia juga semakin pesat.

mengenal skincare

Seperti yang kita tau Korea adalah salah satu negara penghasil kosmetik yang sedang maju. Semakin maju perkembangannya, semakin banyak juga jenis maupun panggilan baru untuk setiap produk. Ada toner, softener, serum, essence, emulsion, cream dan lain sebagainya.

Simply, terbagi dalam tiga bagian saja yaitu ‘Skincare, Base make-up dan Color make-up’.

Skin Care

Nah disini kita fokus dulu dengan apa sich ‘Skin Care’ itu?

Skin care adalah perawatan kulit yang dimulai dari kandungan paling ringan sampai yang paling berat. Biasanya berguna untuk merawat dan memberikan vitamin kepada kulit. Nah, sekarang yang namanya paling ringan sampai paling berat itu maksudnya apa sich?

Skin Care

Ayo kita telusuri:

1. Skin

Skin adalah tahap skincare yang paling ringan. Biasanya mengandung banyak moisturizer yang membantu menyeimbangkan kekeringan ataupun minyak di permukaan kulit. Contoh perawatan skin adalah Toner, Water dan Lotion.

Cara pakai toner dan water biasanya dituangkan ke kapas secukupnya, setelah itu diusapkan secara halus ke permukaan muka. Sedangkan lotion kebanyakan langsung dituangkan secukupnya pada telapak tangan dan dipoles ke permukaan muka, setelah itu di tepuk-tepuk rata dengan halus.

Tetapi bisa jadi setiap brand cara pemakaiannya berbeda-beda. Jadi better, baca dulu keterangan cara pemakaian di setiap produk.

2. Essence (Emulsion)

Nah essence ini yang paling suka bingung. Pada suka tanya apa sich essence? Serum apa lagi? Trus emulsion? Sebenarnya essence dan serum adalah dua macam yang sama. Hanya saja satu produk yang sama dinamakan berbeda-beda di setiap negara.

(Emulsion akan dibahas pada point ketiga)

Banyak orang suka salah pikir jika serum jauh lebih bagus dari essence. But actually they are same. Hanya saja biasanya kemasan serum terlihat lebih elegan.

Essence maupun serum adalah cairan lembut yang mengandung lebih banyak vitamin dan mineral guna untuk membantu penyerapan lebih cepat kedalam kulit.

BACA JUGA : 5 Alasan Perlunya Menggunakan Essence Buat Wajah

3. Cream

Sesuai dengan namanya Cream adalah cream (haha not for joke lho! Tapi beneran.. haha). Cream adalah cairan yang lebih kental dari essence ataupun serum. Nah disini Emulsion tidak jauh beda dengan cream, hanya bentuk cairan dari emulsion lebih cair daripada cream tetapi lebih kental lagi daripada essence ataupun serum. Jadi terkadang emulsion juga sering di golongkan ke point kedua.

Karena bentuk cream jauh lebih kental dari essence dan yang lain, maka otomatis waktu penyerapan cream ke dalam kulit juga membutuhkan skala waktu lebih panjang. Akan tetapi mengakibatkan cream membantu proses penyerapan essecne yang ada dibawah untuk lebih cepat menyerap ke dalam kulit. Serta membantu mencegah serangan dari luar seperti debu dan udara kotor yang akan masuk melalui pori-pori kulit.

So,  setelah cuci muka jangan lupa pakai ‘SKIN, ESSENCE, dan CREAM’ untuk menjaga kesehatan kulit secara optimis. Malas untuk pakai banyak-banyak? Yauda cukup pakai ‘SKIN & ESSENCE’ or ‘SKIN & CREAM’.

Jangan lupa jika tahap SKIN adalah paling penting!

Popular Post