Fashion & Beauty

Cara Membersihkan Pori dengan Maksimal Sesuai Jenis Kulit


Siapa yang tidak mau punya kulit wajah yang sehat, halus, bersinar dan tampak seperti tidak memiliki pori-pori? Seluruh manusia di dunia pasti menginginkan hal itu, termasuk kamu kan? 🙂

Sayangnya kulit seperti itu tidak akan bisa didapat tanpa usaha dan ketekunan dalam membersihkan wajah, termasuk pori-pori yang seringkali menjadi tersumbat dan menyebabkan banyak masalah seperti: jerawat, komedo, wajah kusam, dan pori besar.

Dalam artikel ini aku akan sharing tips bagaimana membersihkan pori-pori secara maksimal di rumah tanpa harus pergi facial ke klinik kecantikan sehingga kita bisa berhemat banyak dan pastinya aman tanpa resiko.

Langkah Pertama: Steaming

Guna dari steaming adalah membuka pori-pori agar dapat mudah dibersihkan dan menerima asupan mineral sebelum ditutup kembali. Caranya panaskan air di wadah panci yang besar, biarkan sampai mendidih lalu matikan apinya. Hadapkan wajah kearah uap (jangan terlalu dekat atau terlalu jauh) dan biarkan selama beberapa menit agar uap air hangat membuka pori dengan maksimal.

Psst, cara ini juga terbukti mampu melancarkan peredaran darah loh!

Langkah Kedua: Cleanse and Wash

Di dalam tahap ini aku membagikan 4 pilihan berbeda yang bisa kamu gunakan sesuai dengan seleramu. Semuanya memiliki fungsi yang sama yaitu deep cleansing dan menstimulasi wajah agar lebih sehat dan bercahaya. Keempat alternatif itu adalah:

1. CLEANSING OIL / CLEANSING BALM

Teksturnya lembut dan licin. Iringi dengan pijatan lembut agar bersih maksimal dan juga menstimulasi kolagen dibawah jaringan kulit. Walaupun berupa minyak tapi tidak akan membuat wajah menjadi minyakan atau lengket. Setelah itu bersihkan menggunakan sabun wajah.  Metode ini aman untuk dilakukan setiap hari.

Cleansing oil sangat aman digunakan semua jenis kulit, tapi aku lebih menyarankan cleansing oil untuk pemilik kulit bertekstur dan super sensitif karena teksturnya yang lembut akan membuat kulit nyaman, dan tentunya kolagen akan lebih memancing produksi kolagen yang membuat kulit kembali kenyal.

Cara membersihkan wajah - cleansing balm - cleansing oil

2. SCRUB CLAY MASK

Teksturnya seperti tanah liat yang padat dan lengket. Nutrisi pada clay mask sangat membantu kulit yang kering dan kusam. Gunakan clay mask yang memiliki butiran scrub halus agar semakin maksimal menggali jauh di bawah pori-pori. Diamkan selama kurang lebih 15 menit lalu kemudian bilas menggunakan air.

Kalau kalian ingin bahan yang mudah dicari, bisa gantikan scrub clay mask menggunakan bubuk kopi/gula yang sangat halus dan mencampurnya dengan madu kental. Sangat aman dan mudah! Scrub clay mask aman digunakan semua jenis kulit selain kulit yang berjerawat parah dan meradang.

Scrub clay mask

BACA JUGA :

3 Clay Mask Paling Populer Bagi Beauty Enthusiasts

Cobain Deh Cara Membersihkan Makeup ala Cewek Korea Ini

Review : Innisfree Super Volcanic Pore Clay Mask 2X

3. CLEANSING BRUSH TOOL

Alat bantu pembersih pori bergetar ini sangat nyaman untuk dan mudah digunakan. Biasanya alat ini hanya butuh satu baterai kecil dan tahan sangat lama. Carilah yang bulunya sintetis dan halus agar tidak melukai kulit. Getaran lembutnya bisa membersihkan berkali-kali lipat dari pijatan jari dan tentunya memproduksi kolagen.

Tinggal campurkan air dengan sabun wajah kamu lalu pijat menggunakan alat ini. Metode ini sangat cocok untuk semua jenis kulit, sangat direkomendasikan! 🙂

Contour Cleanser

4. BAKING SODA

Kandungan dalam baking soda membuat wajah lebih cerah, mengangkat sel kulit mati, dan membantu menyamarkan flek hitam. Caranya campurkan baking soda dengan air sampai menjadi pasta (tapi tidak terlalu kental) lalu baurkan ke wajah, tunggu 1-2 menit lalu bilas dengan air. Bisa dicampurkan dengan madu agar lebih lembut dan mudah untuk diaplikasikan.

Setelah melakukan berbagai research dan mencoba sendiri, baking soda memiliki banyak kegunaan namun tidak dianjurkan untuk semua jenis kulit seperti yang sangat sensitif, berjerawat meradang, dan juga kering. Dianjurkan untuk mengetes baking soda di kulit tangan terlebih dahulu sebelum benar-benar diaplikasikan ke wajah. Jika terasa panas dan gatal jangan menggunakan metode ini. Lakukan maksimal satu kali dalam dua minggu.

Langkah Ketiga: Closing Pores

Aku sangat suka langkah ini karena sangat menyenangkan. Ambil es batu 1 buah dan usapkan pada seluruh wajah dan leher. Ini sangat berguna untuk menutup kembali pori-pori yang tadi kita buka dan bersihkan. Selain itu sensasi dingin dari es ini akan membuat kita lebih segar.

Langkah Keempat: Toning

Gunakan toner untuk wajah lebih bercahaya dan memastikan kondisi kulit siap untuk diberi moisturizer 🙂

Mudah, bukan? Hayo jangan malas membersihkan wajah karena kesehatan dan keindahan kulit itu tidak datang dengan instan. Tidak perlu dilakukan setiap hari, hanya sekali dalam beberapa hari agar kulit terjaga keseimbangannya.

Popular Post