Fashion & Beauty

Brush yang Harus Kamu Punya Buat Makeup Pemula


Hai semua, mau mulai makeup harus punya brush? Tentu aja dong. Tapi seberapa banyak sih brush yang harus kita punya? Brush apa aja sih yang penting? Simak ulasanku di bawah ini ya.

Brush atau kuas memang penting banget buat makeup, walaupun terkadang bisa menggunakan jari, tapi untuk hasil yang lebih rapi dan professional kita harus tetap menggunakan brush. Ada banyak sekali jenis brush dengan varian harga yang berbeda juga, ada yang murah atau affordable, ada juga yang harganya selangit.

Biasanya semua makeup brush itu dibedakan dari brand, jenis bulu sampai tingkat kehalusan bulu brush. Untuk kalian yang pemula, aku menyarankan untuk membeli brush dengan harga yang affordable aja, karena banyak kok brush dari brand lokal yang memiliki kualitas yang gak kalah dengan brand luar.

1. Face Brush

Kalian semua pasti tau dong, jenis Face Brush sendiri banyak banget. Tapi bagaimana ya cara memilih face brush yang serba guna, biar gak salah beli atau mubazir.

Sesuai dengan namanya Face Brush kental diartikan sebagai Powder Brush. Tapi sebenarnya brush ini bisa digunakan untuk mengaplikasikan beberapa produk wajah. Tips dari aku, pilih bentuk brush yang besar dan gepeng untuk mempermudah peng-aplikasian dan juga bikin produk lebih gampang nempel di kulit.

2. Blending Brush

Its a MUST HAVE brush untuk urusan eye makeup, karena brush ini multi fungsi dan berguna banget, pernah denger kan “Blending is the key” atau “Blend sampai tangan kamu pegel”, setiap eye makeup agar telihat lebih bagus, rapi, natural dan bergradasi pastinya harus di blend sampai warnanya menyatu.

Blending brush sendiri memiliki beberapa ukuran, sesuaikan dengan ukuran kelopak mata kamu ya. Kalau kelopak mata kamu kecil, jangan pilih blending brush yang terlalu besar agar brush tidak mengambil terlalu banyak produk yang nantinya akan kita aplikasikan ke mata, ini akan membuat makeup kamu terkesan berantakan/penuh. Selain bisa digunakan untuk area mata, brush ini bisa juga digunakan untuk shading hidung supaya terlihat lebih mancung.

3. Pencil Brush

Mau makeup yang agak detail? Pengen bikin mata berkesan lebih besar/deep seperti mata orang bule? Ini brush yang harus kalian punya. Bentuknya mirip dengan blending brush, hanya saja lebih kecil dan ujungnya lebih pointy. Ini mempermudahkan kamu untuk menggapai area yang lebih terfokus seperti sudut mata dan bagian bawah mata.

Masih belajar menggunakan eyeliner? Bingung dimana harus aplikasi eyeliner? Nah pencil brush juga bisa kalian gunakan untuk menggambar panduan sebelum menggunakan eyeliner dengan eyshadow yang lebih gelap (seperti coklat tua).

BACA JUGA : 

Trik Mudah Membersihkan Makeup Brush

The Infamous Oval Brush

Brush Multifungsi Masami Shouko

4. Lip Brush

Sesuai dengan namanya, brush ini sangat diperlukan untuk merapikan pinggiran/tepi bibir saat menggunakan lipstick. Sangat berguna jika kalian memiliki bibir yang kecil ataupun menggunakan warna yang bold agar terlilihat lebih rapi. Lip Brush ini juga membantu untuk buat gradient lip. Selain itu karena ujung kuasnya runcing dan gepeng, brush ini juga bisa kalian gunakan untuk mengaplikasikan cream concealer.

5. Color Cleaner

Kali  ini memang bukan kategori brush, tapi tools kali ini sangat membantu saat kalian makeup, apalagi semua brush di atas kalian gunakan sebagai multi fungsi brush. Gak mau kan makeup kalian berantakan karena tercampur dari satu warna ke warna yang lain? Jadi gunakan color cleaner ini sebelum kalian mengganti warna.

Jadi tadi itu brush dan tools yang menurut aku kalian harus punya sebelum mulai ber-makeup. Gak perlu punya banyak brush, kalian bisa menghasilkan makeup seperti makeup artis professional. Kalau kalian sudah mahir, kalian bisa melengkapi koleksi brush kalian ke tahap yang lebih tinggi.

Jangan lupa juga nonton videoku untuk tau lebih lanjut seperti apa brush yang aku jelaskan diatas.

Tips dari aku, pilih brush yang memiliki bulu yang halus agar tidak membuat kulit kalian iritasi. Bersihkan sebelum digunakan menggunakan sabun khusus brush/ sabun bayi dan keringkan dengan cara digantung terbalik (sisi brush mengawah ke bawah).

Jangan lupa membersihkan brush secara berkala dan keringkan hingga benar-benar kering, simpan diruangan yang tidak lembab untuk menghindari tumbuhnya jamur dan membuat bulu brush lebih tahan lama (tidak gampang rontok).

Semua brush sudah ready, sekarang saatnya makeup!

 Brush Makeup Pemula

Popular Post