Fashion & Beauty

6 Tipe Foundation yang Harus Kamu Tahu!


Halo semuanya, seperti penjelasan yang ada di video di atas aku secara sederhana akan menjelaskan 6 tipe base makeup (semacam alas bedak) yang lumrah kita temui di pasaran. Di sini aku punya liquid, powder, BB cream, cushion, cream dan stick foundation. Karena penjelasan di atas lumayan singkat, aku akan lebih jelasin di bawah ini ya.

1. Liquid Foundation

Hampir seluruh brand makeup punya produk liquid foundation masing-masing. Karena itu, tiap produk bahkan dari brand yang sama pun punya performa yang berbeda-beda. Dari finishnya (bisa dewy bisa matte), coverage dan lasting power.

Karena liquid foundation itu mudah sekali ditemui, produk ini punya variasi shade yang luas juga, begitu juga dengan jangkauan harga, dari yang murah banget sampai mahal banget pun ada. Variasi dari packagingnya pun banyak, dari botol plastik sampai tube. Menurut aku, liquid foundation itu cocok untuk semua orang – tinggal menyesuaikan dengan kondisi kulit dan kebutuhanmu,

TIPS :

Jangan malas baca-baca review foundation yang kamu ingin beli! Apalagi untuk foundation yang lumayan mahal. Cari tahu juga foundation yang kamu punya atau ingin beli paling cocok diaplikasikan dengan alat apa karena kombinasi yang salah akan buat foundation bagus jadi engga maksimal!

2. Powder Foundation

Dikenal dengan sebutan two way cake, mungkin produk ini tidak sepopuler dulu di zaman mama kita masih muda. Trend zaman now yang lebih menyukai kulit dewy jadi membuat produk seperti powder foundation dipandang sebelah mata, padahal produk ini sangat cocok untuk iklim negara kita yang tropis. Powder foundation memang lebih cocok dipakai untuk mereka yang punya kulit berminyak karena produk ini bisa membantu mengurangi penampilan kinclong-kinclong di muka.

Aku tidak menyarankan pemakaian produk powder foundation saja (tanpa alas bedak cair) untuk mereka yang punya kulit kering atau berkeriput, karena produk seperti ini bisa menonjolkan penampilan kering dan keriput. Coverage dari produk ini termasuk tinggi dan daya tahannya pun termasuk tinggi!

TIPS :

Selalu gunakan pelembab sebelum menggunakan produk powder foundation, meskipun kamu punya kulit yang berminyak, aku merasa powder foundation terlihat lebih bagus di atas kulit yang well-moisturized.

BACA JUGA : 

3 Tips Makeup Flawless Untuk Kulit Mudah Berjerawat

Cara Aplikasi Foundation Agar Terlihat Halus dan Tahan Lama

Awas! Salah Pilih Foundation, Wajah Jadi Abu-Abu Loh!

3. BB Cream

Ini adalah salah satu produk base yang terkenal dari Korea. Dari awal BB cream didesain untuk tidak hanya menjadi makeup, tapi juga sekaligus skin care karena BB cream mengandung banyak elemen dan komposisi yang baik untuk kulit. Secara general, BB cream sangat ringan jadi coveragenya juga sangat tipis dan biasanya punya finish yang dewy.

Sayangnya, dari banyak temen-temen juga aku sering dengar mereka engga bisa menemukan shade yang cocok di BB cream – karena sifatnya yang mencerahkan, kebanyakan shade dari BB cream itu terang. Apalagi ditambah dengan SPF yang bisa menimbulkan white cast (bayang putih). Tapi, produk seperti BB cream itu cocok untuk dipakai sehari-hari dan ringan di wajah.

TIPS :

Untuk meningkatkan coverage, tambah satu lapis BB cream di area yang bermasalah seperti bekas jerawat atau kantong mata untuk coverage yang lebih.

4. Cushion

Tipe base makeup ini akhir-akhir ini lagi terkenal banget kan. Cushion bisa dibilang upgrade dari BB cream ya – dengan kemasan yang sangat praktis karena uda ada aplikator puff yang ok banget, bentuk dari cushion ini memudahkan kita untuk bawa-bawa dan touch up. Meski variasi produk cushion udah banyak banget di pasaran, pada dasarnya cushion biasanya punya coverage yang natural, mencerahkan dan mengandung SPF. Karena design produknya yang compact, biasanya cushion hanya mengandung sekitar 15 gram-an atau setengah dari standar foundation lainnya yang biasanya berisi 30 gram.

Dulu, cushion juga punya shade range yang sangat muda, tapi sekarang sudah banyak variasi yang ada di pasaran, mulai dari coverage, finish, lasting power dan jenis-jenis warna. Secara general, biasanya cushion tetap ada glownya walaupun dibilang matte pun – hasilnya masih meninggalkan dewyness yang natural.

TIPS :

Ganti atau cuci aplikator puff yang ada di dalam cushion karena apabila dibiarin kotor – aplikator bisa menjadi sumber bakteri yang menyebabkan jerawat loh!

5. Cream Foundation

Selain dari coveragenya yang luar biasa – cream foundation biasanya masih meninggalkan dewyness yang natural. Tipe produk seperti ini banyak dipakai untuk acara-acara penting misalnya pernikahan atau makeup panggung karena coveragenya yang luar biasa (dan karena tidak mengandung SPF, biasanya cream foundation tidak menimbulkan white cast).

Karena produknya yang memang tebal, apabila tidak diratakan dengan benar bisa keliatan banget tidak ratanya plus creasing! Tapi, produk seperti ini untuk pemula pasti akan terasa berat di muka, apalagi apabila tidak dibersihkan dengan benar, bisa menimbulkan jerawat di muka guys. Aku tidak rekomen produk ini untuk mereka yang mempunyai kulit berminyak (apabila diaplikasikan tanpa primer) karena tidak tahan lama di muka.

TIPS :

Gunakan primer dan set dengan powder untuk meningkatkan daya tahan dari cream foundation.

6. Stick Foundation

Mirip dengan cream foundation, tapi dikemas dengan bentuk yang lebih compact. Biasanya produk stick dikemas di kemasan yang retractable sehingga memudahkan aplikasi. Aku suka dengan aplikasi seperti di video, yaitu langsung digores ke muka dan ratakan dengan sponge.

Kelebihan dan kelemahan dari stick foundation secara garis besar mirip dengan cream foundation. Menurut aku, stick foundation kurang cocok untuk mereka yang punya tampilan pori-pori besar – apalagi apabila diaplikasikan tanpa pore primer.

TIPS :

Aplikasikan stick foundation hanya ke area yang butuh coverage (bekas jerawat, kantong mata – intinya sebagai concealer) untuk coverage yang lebih alami.

Nah, itu dia 6 base makeup yang secara dasar dan sederhana aku ceritakan. Hal-hal yang aku jelaskan ini memang secara generalisasi aja dan pada akhirnya performa produk itu sangat berpengaruh dari komposisi, jenis kulit kamu, juga kombinasi dari alat yang digunakan dan primer/powder yang bersamaan digunakan.

Aku harap informasi ini bisa menjadi langkah awal kamu untuk menentukan tipe jenis foundation apa yang cocok ya! Thank you so much for reading, I’ll see you soon! 🙂

Promo Diskon Innisfree

Popular Post