Men

Celebrate Your Freedom with Self-Care Challenge!


Bulan Agustus biasanya identik dengan hari kemerdekaan Republik Indonesia. Nah, sambil merayakan hari kemerdekaan negara kita, nggak ada salahnya lo juga merayakan ‘kemerdekaan’ untuk diri lo sendiri.

Self-care merupakan satu hal yang sudah tidak bisa dihindari. Ini akan sangat mempengaruhi fisik dan mental lo dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Well, you can celebrate your own freedom with these 7 self-care challenges. Ketujuh tantangan tersebut bisa lo mulai dari Senin hingga Minggu.

self care challenge men

Fokus dengan kerjaan dan menikmati social life suka membuat orang lupa dengan kesehatan badan. Coba lo luangkan waktu untuk workout pada hari pertama tantangan ini. Nggak harus jauh-jauh nge-gym di tempat fitness lah. Lo bisa jogging di sekitar rumah, angkat beban dengan dumbbell di kamar, ajak orang rumah main badminton di halaman depan. Pokoknya any excercise yang membuat lo berkeringat. 15-30 menit juga sudah cukup untuk membuat lo lebih sehat.

self care challenge men

Manusia zaman sekarang sudah pasti nggak bisa dipisahkan dari gadget. Bahkan saat bekerja pun kita butuh gadget supaya terus stay connected dengan atasan, rekan kerja, atau klien, hingga pada akhirnya lo malah pegang gadget terus dan end up internetan sambil main game atau buka sosial media. Nah, usahakan hari ini lo kurangi deh tuh frekuensi nyentuh gadget, kecuali darurat ya. Sebagai gantinya lo bisa baca buku, mainin alat musik yang udah lama nganggur, atau bantuin keluarga beres-beres rumah. Lebih bermanfaat kan?

self care challenge men

Sebagian besar orang pasti punya film, TV show atau serial favorit. Kalau lo merasa akhir-akhir ini udah jarang punya quality time dengan tontonan kesukaan lo karena sibuk kerja, so this is the time for you to make it. Pulang ke rumah, mandi, tonton film favorit lo. Jangan lupa tambahin snack supaya lebih mantap. Biar lebih asik, nontonnya bareng keluarga atau teman-teman.

self care challenge men

Jurnal harian dan diary biasanya dilakukan oleh kaum hawa. Eh, siapa bilang? Cowok-cowok juga boleh, bahkan dianjurkan juga buat punya. Menulis jurnal disinyalir mampu membantu kreativitas seseorang meski nggak jago menulis. You can do mind mapping, write the bucket list, your life goals or whatever you want. Menulis kejadian sehari-hari dalam jurnal juga bisa membantu daya ingat. Wow! Siapa tahu kebiasaan menulis ini akan membuat lo sadar bahwa sebenarnya lo punya bakat menulis kayak William Shakespeare.

self care challenge men

Semakin rapi tempat kita berada, mood akan semakin meningkat. Begitu juga sebaliknya. Semakin berantakan meja kerja lo, semakin bikin lo mudah stres tanpa sadar. Coba di hari kelima ini lo beresin meja di kantor. Silakan buang kertas-kertas lama serta tumpukan struk makanan hasil delivery ke tempat sampah. Rapikan yang benar! Lo juga bisa memperindah pemandangan meja dengan pajangan seperti action figure Star Wars favorit lo, merchandise band kesayangan, atau foto bareng pacar, uhuk…  kalau punya.

self care challenge men

Ini dia hal yang lo pengen-pengen tapi susah ngelakuinnya. Yep, tidur! Kepadatan jadwal kerja dan beragam aktivitas lain terkadang membuat lo susah memperoleh jam tidur yang cukup. Maka dari itu, lo bisa pergunakan hari ke-6 alias hari Sabtu ini untuk banyak istirahat. Silakan bangun lebih siang dari biasanya dan bersantai. Note: tidak usah nongkrong keluar rumah kalau nggak butuh-butuh banget.

self care challenge men

Badan yang lelah itu terkadang butuh dipijat. That one thing is not only for the girls, bro! Nggak ada salahnya sesekali lo melakukan massage supaya otot-otot terasa lebih relax. Bayangin lo sedang di-massage di tempat spa terus sambil tidur. Mantap jiwa.

 

Photo source: popsugar

Popular Post