Love & Life

Harus Disiplin! Cek 5 Cara Menghabiskan Gaji Dengan Bijak


Gajian tiba, mau beli apa ya? Eits, jangan merasa banyak uang dulu, guys. Ingat, gaji itu nggak hanya buat kebutuhan jangka pendek tetapi juga jangka panjang lho. Jangan sampai kehabisan uang sebelum gajian berikutnya. Gimana caranya? Berikut iSTYLE rangkum 7 cara menghabiskan gaji dengan bijak. Yang jelas harus disiplin. Let’s find out more.

1. Buat rekening tabungan terpisah

Untuk membantu mengelola uang bulanan, buat dua jenis rekening yaitu untuk kebutuhan sehari-hari dan khusus tabungan. Tidak perlu buat kartu ATM di rekening tabungan ini biar kamu tetap disiplin dan fokus menabung. Rekening tanpa ATM ini akan memperkecil kemungkinan kamu menarik uang di rekening tabungan.

2. Mencatat detail pengeluaran

Buat kamu yang kesulitan berhemat, ada satu trik jitu agar kamu tersadar yaitu dengan mencatat semua pengeluaran setiap bulan. Lewat catatan ini, kamu bisa tracking dimana sebenarnya gajimu habis. Next, kamu putuskan bagian mana yang harus di-cut, misalnya anggaran beli kopi tiap pagi ataupun biaya member gym yang jarang kamu datangi.

3. Hindari bolak-balik ke ATM

Tanpa disadari, kebiasaan menarik uang di mesin ATM terlalu sering bisa membuat kamu lebih boros. Hindari kebiasaan ini dengan menyiapkan uang kas setiap minggu buat kebutuhan sehari-hari. Biar lebih disiplin, kartu ATM bisa ditinggal di rumah saja. Jadi kamu cuma bisa memakai uang cash di dompet.

4. Kurangi makan di luar

Buat anak kos atau kamu yang tinggal sendiri, kebutuhan makan di luar memang sulit dihindari. Meskipun demikian, kamu masih bisa mengurangi kebutuhan ini dengan memasak bekal. Selain itu, manfaatkan katering langganan supaya pengeluaran buat makan lebih terkendali.

5. Jangan kredit barang tak perlu

Promo cicilan kartu kredit memang menggoda, tetapi kamu harus bijak lho dalam menentukan apa yang layak dicicil. Pilih sesuatu yang bakal dipakai dalam jangka waktu lama dan mendukung pekerjaan misalnya laptop, kamera, ataupun motor. “

Popular Post