Foodies

10 Menu Diet Sehat Praktis


Healthy lifestyle is a must! Tapi, jangan sampai pola hidup sehat dan diet yang kamu jalani membuatmu tersiksa. Kalau kamu cermat memadukan aneka menu diet sehat yang rasanya lezat, kamu pasti tak akan merasa tersiksa ketika diet. Kini, semakin banyak lho makanan sehat dan bergizi yang bisa memuaskan seleramu tanpa harus takut kalori berlebih.

Sekarang, yuk cek dulu 10 menu diet praktis berikut ini. Siapa tahu kamu ingin segera mencoba membuatnya sendiri setelah menyimak ulasannya.

1. Ikan Tim

Ikan Kakap Tim

Kamu tak harus selalu mengolah ikan dengan cara digoreng agar kelezatannya maksimal. Fillet ikan berukuran cukup besar juga cocok diolah dengan cara ditim. Variasi ikannya pun beragam. Namun salah satu yang paling cocok ditim adalah ikan kakap . Kamu hanya perlu menyiapkan bumbu sederhana seperti irisan bawang putih, irisan jahe, kecap asin, dan cabai untuk menyempurnakan cita rasa ikan tim buatanmu.

2. Ayam Lada Hitam

Ayam Lada Hitam

Siapa bilang olahan ayam pasti kaya lemak dan tak mendukung diet. Justru dada ayam tanpa kulit  merupakan salah satu jenis makanan sehat yang rendah lemak. Kandungan gizi dalam dada ayam akan terjaga dengan baik jika kamu memasaknya dengan cara yang benar. Salah satunya dengan membuat ayam lada hitam. Sensasi lada hitam dan aneka bumbu lainnya akan memperkuat rasa gurih alami pada dada ayam.

3. Roti Gandum Selai Kacang

Roti Gandum

Selai kacang mengandung protein, vitamin E, omega 3, dan jenis nutrisi lainnya yang baik untuk kesehatan. So, perpaduan roti gandum yang kaya serat dan selai kacang  pun akan menjadi menu diet sehat yang mengenyangkan. Tak cuma cocok untuk sarapan, roti gandum selai kacang juga bisa disajikan sebagai camilan di sela aktivitasmu.

4. Tumis Jamur

Tumis Jamur

Mau kenyang tanpa menimbun kalori berlebihan? Buat saja tumis jamur. Varian jamurnya pun bisa disesuaikan dengan selera. Bila kamu bosan dengan jamur tiram, cobalah menggunakan jamur maitake  atau king oyster. Jamur mudah dipadukan dengan bahan lain karena cita rasanya tidak terlalu kuat. Selain itu, jamur juga kaya serat dan protein sehingga kamu akan merasa kenyang lebih lama setelah menyantapnya.

5. Salad Sayuran

Salad Sehat

Salah satu menu diet sehat yang praktis, lezat, dan mengenyangkan adalah salad sayuran. Kamu bisa menggunakan aneka jenis sayuran dan bahan makanan lain seperti selada, brokoli, jagung, dan tomat cherry. Untuk membuat dressing­-nya, jangan menggunakan bahan makanan tinggi kalori seperti mayonnaise, ya. Kamu bisa membuat dressing khusus dari air perasan lemon, minyak zaitun, atau balsamic vinegar .

6. Sup Ayam

Chicken Soup

Manfaat sup ayam untuk mendukung diet memang tak perlu diragukan lagi. Kamu wajib menggunakan daging ayam kampung  karena kandungan lemaknya lebih rendah dan cita rasanya lebih gurih. Untuk bahan isiannya, siapkan buncis, kentang, dan wortel. Sup ayam bisa disantap langsung atau menjadi menu pendamping nasi. Kandungan air pada sup akan membuatmu kenyang lebih cepat sehingga tak menyantap kalori berlebihan ketika makan.

7. Smoothies Buah

Smoothies

Minum jus saja mungkin sering tak mengenyangkan. Jadi, kamu bisa menyiasatinya dengan membuat smoothies buah. Tekstur smoothies yang lebih padat dari jus akan membuatmu cepat kenyang. Pilihlah buah yang kaya serat dan rasa manisnya alami, misalnya pisang. Sehingga kamu tak perlu menambahkan gula atau jenis pemanis lain pada smoothies buahmu.

8. Omelet Isi Sayuran

Omellete

Hampir semua orang menyukai telur. Selain lezat, telur juga kaya protein dan omega 3 yang penting untuk metabolisme tubuh. Supaya omelet buatanmu makin bergizi dan mengenyangkan, jangan lupa menambahkan aneka sayuran seperti wortel, kacang polong, brokoli, atau irisan jamur.

9. Overnight Oats

Overnight Oats

Menyantap sarapan bergizi akan membuatmu bertenaga ketika akan beraktivitas. Jangan jadikan kesiangan sebagai alasan untuk tidak sarapan, ya. Kamu bisa membuat overnight oats sejak malam hari. Seduhlah oat instan  dengan susu atau air panas di dalam mason jar. Lalu tambahkan toping berupa madu, potongan buah-buahan, atau kacang-kacangan. Dinginkan selama semalam di kulkas. Overnight oats buatanmu pun siap disantap pada pagi hari.

10. Sandwich dengan Aneka Isian

Sandwich

Tak perlu khawatir berat badan akan meroket jika kamu makan sandwich bergizi. Buatlah sandwich dengan porsi seimbang supaya kamu mendapat asupan kalori berlebihan. Kamu bisa menambahkan aneka jenis sayuran dan telur mata sapi agar sandwich buatanmu semakin mengenyangkan. Varian sandwich dengan aneka isian cocok disantap sebagai menu sarapan atau jadikan bekal.

Bila tak sempat pergi membeli aneka bahan makanan sehat dan bergizi, kini kamu bisa memesannya secara online. Maka kamu akan mendapatkan makanan dengan kualitas terbaik tanpa harus repot-repot pergi ke pusat perbelanjaan. Psstt… di iLOTTE.com, kamu bisa memesan semua kebutuhan bahan makanan kamu dari LOTTE Mart hanya dalam waktu 3 jam melalui Flash Delivery lho!

Sudah menyiapkan daftar belanja makanan sehat yang kamu butuhkan? Cusss belanja online sekarang!

Popular Post